Inilah kerugian bila menggunakan Hosting gratis

Web hosting 000webhost Offline

RYANID - Jangan tergiur dengan gratisan, apalagi kalau layanan hosting. Kebanyakan hosting gratis itu merupakan bagian dari sponsor dan sebagian lagi adalah ilegal hasil bug dan sebagainya. Hosting gratis yang aman adalah hosting gratis yang merupakan bagian dari promosi/sponsor, namun tidak semua layanan web hosting gratis ini selalu baik.

Tergantung reputasi dan pelayanan produk mereka, kita ambil dari Heroku. Layanan Hosting berbasis cloud menyediakan akses gratis untuk pengguna baru/hobbi, mereka punya nama, punya reputasi, jadi jelas kamu akan sedikit mengalami masalah bila menggunakan hosting ini.

Selain itu, bila dibutuhkan kamu juga bisa meng-upgrade ke paket berbayar yang lebih baik. Ada lagi hosting yang pelayanan nya jelek, contoh nya 000webhost. Hosting ini adalah bagian dari promosi hostinger, kamu masih bisa menjalankan aplikasi ringan.

Batasanya banyak, kamu dibatasi akses trafik, dibatasi akses ruang up 300MB, dan bandwidth 3000MB/month. Batasan tersebut memang cukup baik untuk sekelas hosting gratis di 000webhost, tapi trouble atau masalah yang kamu alami akan membuat kamu jengkel sendiri bahkan beresiko kehilangan data.

Ini pengalaman saya, hosting 000webhost tidak mendukung banyak fungsi dalam PHP meskipun kita bisa mengubah versi dari PHP nya. Dulu saya mau pake fungsi cURL di PHP yang dimana merupakan inti dari aplikasi saya. Eh taunya cURL nggak bisa dijalankan, beberapa fungsi lain yang menghasilkan nilai "null" membuat aplikasi tidak berjalan sempurna.

Kemudian ada lagi, masalah kedua akun dibanned, dan juga sering offline. Akun mimin dibanned oleh 000webhost saat traffik sedang ramai-ramanya, dan dianggap sebagai phising (padahal isinya blog biasa). Selama menggunakan 000webhost, hosting saya offline selama 18 jam. Gilaaa kan, offline selama 18 jam dan nggak ada yang bisa kita mintai pertolongan karena 000webhost tidak menyediakan Contact Supoort.

Hosting gratis ketiga adalah hosting nebeng di WHM orang lain. Mimin punya pengalaman, ada yang menawarkan hosting gratis dan mimin tertarik. Setelah beberapa bulan penggunaan, mimin merasa aneh script web mimin tersebar dan diperjual belikan di grup facebook.

Jelas pengguna WHM tersebut sudah mencuri data website mimin untuk mencari pendanaan. Sampai disinu mimin sudah kapok pakai hosting gratisan. Hosting gratisan boleh kamu gunakan hanya untuk sekedar belajar, misal hanya untuk mengujicoba aplikasi PHP, dan lain-lain.


Kenapa Hosting gratis itu tidak ada?

Layanan hosting adalah sebuah server yang kita sewa untuk menyimpan dan memberikan peladen agar web kita bisa dibuka dan dijalankan, dan server membutuhkan : Memory penyimpanan, Listrik, dan juga akses internet yang stabil. Semua komponen itu tidak bisa didapatkan secara gratis pastinya harus bayar. Kamu bisa membuat server sendiri dengan Komputermu, tapi bisakah kamu menggunakan komputer tanpa listrik? Pastinya nggak kan, kalau tanpa akses internet juga server nggak akan bisa di akses dari segala penjuru.

Tahun sekarang dimana angka inflasi semakin tinggi, bisa jarang ditemukan sesuatu yang gratis. Ada yang murah namun tidak gratis, salah satu contohnya paket Shared Hosting dari Jetorbit dengan harga paling bawah hanya Rp 12.650/bulan.

Paket hosting mini dengan SSD, cocok buat kamu yang baru saja memulai blog baru. Blog baru tidak membutuhkan resource besar, seiring waktu blog berjalan dan berkembang kamu bisa meningkatkan ke paket yang lebih besar.

Hosting murah Jetorbit tidak seperti Hosting tetangga kayak Rumahweb atau Domainesia, jetorbit tidak menetapkan batasan trafik bulanan. Dengan akses bandwidth yang unlimited, meskipun kapasitas penyimpanan yang diberikan hanya 300MB tapi kamu bisa dapat akses unlimited.

Mau di kunjungi berapa ribu visitorpun tetap blog kamu bisa tetap eksis nggak down karena dibatasi jumlah trafik bulanan. Jetorbit mirip² seperti namecheap yang menawarkan paket hosting dan domain dengan harga miring.


Harga Hosting memang murah, kisaran 10-80ribuan/bulan. Hanya saja kita tidak bisa berlangganan bulanan, kalau dulu memang ada penjual hosting eceran yang dimana bisa berlangganan per-bulan. Mimin pernah beli hosting di tahun 2015 lalu, setelah itu mimin nggak lagi beli hosting tahun 2016-2020 adalah masa kemiskinan bagi mimin. Jangankan mau beli hosting, perut saja sering kelaparan

Posting Komentar untuk "Inilah kerugian bila menggunakan Hosting gratis"

Advertisment