Mengenal file .nomedia dan kegunaanya

Kegunaan file Nomedia

Pernah nggak kalian nemuin file yang namannya .nomedia? (Diawali titik dan diikuti dengan teks nomedia). Bagi kamu pengguna file manager bawaan pasti sangat jarang melihat file ini, sebab file ini sifatnya tersembunyi. Filemanager harus bisa membaca file tersembunyi agar bisa melihat file ini.

Dan buat pengguna aplikasi X-Plore, pasti sering donk melihat file ini. File dengan ekstensi nomedia ada pada setiap folder hp kamu, dia ada di folder thumbnail, folder dokumen whatsapp, dan folder lain yang menyimpan gambar, dokumen dan media file.

Sebenarnya apa sih fungsi file .nomedia? File .nomedia adalah sebuah file kosong yang fungsinya untuk menghilangkan jejak preview dari beberapa aplikasi pembaca media. Sebagai contohnya Galery ponsel kamu menampilkan gambar mini sebagai thumbnail untuk mempreview foto ataupun video yang ditampilkan.

Bila suautu folder terdapat file .nomedia maka semua media file didalamnya tidak akan masuk dalam preview di Galery dan aplikasi pembaca dokumen lain. Bahkan saat kamu ingin mengunggah foto ke facebook, whatsapp, dan medsos lain foto kamu tidak akan ditemukan.

File ini biasanya digunakan oleh aplikasi untuk mencegah gambar penampil gambar membuat thumnail pada file nya. Apalagi dokumen yang dihasilkan oleh aplikasi whatsapp itu beragam, ada Foto, Video, Stiker, dan juga media lain. Jika tidak menggunakan file .nomedia maka gambar dan video yang tersimpan akan membuat galery terasa penuh dengan sampah foto yang menutupi semua layar.

Mimin menggunakan file ini untuk menyembunyikan konten video B0K3P, biasanya saya sering menyimpan gambar yang absurt tuh kan malu kalau adik pinjem HP terus ngelihatnya di galeri. Dengan menambahkan file ini dalam folder Download dan Facebook semua file gambar dan video yang mimin unduh nggak tampil di galery.

Kamu juga bisa membuatnya menggunakan notepad, .nomedia adalah file teks ascii biasa dengan keterbacaan utf8. Pengguna Aplikasi X-Plore bisa membuatnya dengan mudah, caranya : Pada bagian toolsbar klik Create New File » kemudian beri nama .nomedia » Isi file biarkan saja kosong.

Sampai disini apa kamu sudah paham tentang fungsi dan kegunaan dari nomedia files? Kalau belum paham, coba deh scroll kembali ke atas dan baca lagi dengan teliti. Semoga bermanfaat ✌

Posting Komentar untuk "Mengenal file .nomedia dan kegunaanya"

Advertisment